Kamis, 18 Oktober 2012

pikirkan langkahnya !


            Pernah memimpikan sesuatu ? punya cita-citakan ? punya harapan-harapan ?bahkan untuk satu hari ini kita pasti punya keinginan. Tapi, apakah sudah direncanakan apa yang akan dilakukan untuk mencapai keinginan tersebut ? sudahkah ? kalo belum, mangga dibuat dulu langkah baut mencapai apa yang diinginkan atau dicita-citakan itu.
            Terkadang –bahkan seringkali- kita terlalu fokus dengan apa yang kita inginkan, apa yang kita cita-citakan sampai kita melupakan apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Kebanyakan orang berkata pengen inilah, itulah, ‘ihh kayanya enak jadi dokter’,atau ‘pokoknya harus jadi kaya dia’. Tapi apa yang udah dilakukan ?? balance ga sama yang diinginkan ?
            Oke,,kali ini saya juga ga mau berparadigma macam-macam tentang semua itu. Karena itu juga yang saya lakuin. Terlalu fokus pada hasil tanpa memperhatikan proses. Seringkali begitu. Sekolah 3 tahun, tapi yang diliat hanya nilai hasil UN 3 hari. Kuliah berhari-hari, tapi yang diliat hanya nilai UTS dan UAS. Kerja mau cape mau engga, tapi gajinya tetep aja segitu. Taunya hanya kerja satu hari, tapi ga tau bener ga’nya. Memang ga adil kalo hanya melihat dari hasil. Apa ada seorang anak ujug-ujug jadi gede terus jenius?yang ada hanya anak-anak yang digegas. Masih kecil tapi pikirannya udah dewasa, masih kecil tapi pinternya subhanallah, masih kecil tapi udah bisa mimpin, semua itu hanya pola asuh dari orangtuanya. Orangtua terlalu fokus sama impiannya yang pengen punya anak luarbiasa. Tapi apa orang tua itu memperhatikan bagaimana proses seharusnya ?? apa mereka peduli akan proses-proses itu ?
            Dan hari ini dosen saya menyadarkan saya dari semua itu. Bahwa semua itu ada prosesnya. Ga usah terburu-buru buat mencapai sesuatu. Pikirkan saja hal apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Jangan sampai apa yang kita inginkan terlalu banyak sampai-sampai kita tak pernah memikirkan bagaimana buat mencapainya. Dan jangan sampai kita sudah punya hal apa aja buat mncapainya terus kita bertindak semau kita, tanpa memperhatikan pas tidak hal itu buat dilakukan. Intinya, saat kita memikirkan sbuah keinginan, pikirkanlah juga apa yang harus dilakukan buat mencapai keinginan itu dan pas tidak waktunta buat kita melakukan itu. Tetep semangaaaatt !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar