Kamis, 10 April 2014

wajah perpolitikan Indonesia

Katanya, taun ini lagi ada pesta demokrasi buat bangsa Indonesia. tapi ko masih banyak yang adem ayem aja ya? ga ikut berpesta. orang-orang malah bingung siapa yang mau dipilih. wong ga pada kenal. ujug-ujug pasang foto disamping rumah mereka, dijalan-jalan. suatu cara mengenalkan mereka, calon legislatif. tapi, sebenernya pada tau ga sih mereka itu dari kalangan mana aja? tau ga sih maksud mereka nyalonin tuh buat apa? sebagai anak dari seorang bapak yang juga "hampir" ikut jadi caleg, saya jadi sedikit tau tentang wajah perpolitikan di Indonesia. dan, inilah sedikit wajah perpolitikan Indonesia yang saya tau dari bapak sendiri ataupun dari televisi.
Ada beberapa hal yg membuat sy tersenyum getir saat mengetahui wajah perpolitikan di Indonesia.. Ratusan caleg itu ternyata bukan hanya dari mereka kalangan menengah keatas.tp ada jg dr menengah kebawah,misalnya penjual kerupuk keliling,peloper koran,tukang parkir,penjual baso dan masih banyak lg pekerjaan2 non gaji tetap. Modal mereka itu hanya keberanian.masuk parpol,ikut nimbrung sama warga2, dan modal 50rb utk formulir pendaftaran. Kampanye?ya nimbrung2 itu. Juga ada yg membagi2kan stiker. Tentu cara nimbrung2 itu yg jadi fokus mereka. Lha, mau serangan fajar darimana? wong buat biaya hidup aja pas2an. Ini yg jadi pikiran saya.ko bisa ya mereka berani nyalonin diri?tapi ternyata sudah banyak buktinya bahwa para wakil rakyat itu berasal dr kalangan menengah kebawah. apa kata masyarakat? Mereka beranggapan bahwa kalo wakil rakyat'y dr wong cilik tentu mereka akan mampu mensejahterakan wong cilik jg atas dasar senasib.shg masyarakat memilih mereka,wong cilik. Benar jg ya pemikiran masyarakat ini. Tapi,gmn ya anggapan DPR RI? Tentu ada yg pro dan ada yg kontra. Yg pro beranggapan sama sprti masyarakat, jg karena wong cilik itu biasanya lebih takut utk korupsi.benarkah?wallahu a'lam. Dan apa komentar mereka yg kontra? Mereka merasa bahwa menjadi wakil rakyat itu ya harus ngerti perundang2an,ga bisa seenaknya aja nglakuin sesuatu. Intinya mah tau aturan&hukum. Lha, kalo dr wong cilik yg rata2 ga pernah memakan bangku kuliah ya harus belajar dulu.
Masa duduk di kursi DPRD utk belajar? kan ga tepat. Bapak2 dan Ibu2 ini nyalonin jd caleg untuk apa? untuk masa depan Indonesia yg lebih cerahkah atau masa depan keluarga bapak2 dan Ibu2 yg cerah? ada salah satu anggota DPRD yg mengatakan bahwa gaji DPRD itu kecil, bahkan lebih gede hasil dagangannya beliau. Tapi ko masih mau nyalonin lg. Buat apa tho,pak? Selidik demi selidik, ternyata jadi DPRD itu prestisenya dapet, blm lg bisa dpt fasilitas mewah seperti mobil dinas, dan yg lebih enaknya lg duduk dikursi empuk diruangan ber-AC. Siapa yg tdk tergiur? Para wakil rakyat itu bergaya parlente. Menjinjing tas bermerek, sepatu bermerek, pakaian bermerek,perhiasan nempel dmn2 dan mobil mewah yg mentereng. Tp apa sudah mentereng aksi mereka? Lihat deh saat rapat2. Tu kursi ko ga berpenghuni ya? kursi2 yg dulu diperebutkan ko malah dianggurin. Lbh asyik duduk dikursi mobil dan jalan2 entah kemana. Giliran yg dateng malah asyik BBMan, baca buku, dan lebih parahnya lagi tuh malah tidur. Ckck, sejahtera bgt ya pak,bu? trs kpn mensejahterakan rakyatnya?
Ya itu hanya sebagian wajah perpolitikan kita ko. Sebagian laginya ya smg yg baik2nya.sy hanya suka mengkritisi yg ga baik, yg udah baik ya gausah dikritisi tapi dimanuti. iya tho??
dan ini hanya buah pikiran dari kepala saya yang memang suka ngomentarin ginian. ga bermaksud menjelek2an, atau apalah, tapi ya karena saya hobi nulis dan kebetulan itu yang ada dipikiran saya. ya makanya saya tulis. sekian saja dan terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar